Ujian Nasional tinggal beberapa bulan lagi! Tentunya para siswa-siswi yang terutama duduk dibangku kelas 3 (12) sedang sibuk menyiapkan berbagai persiapan untuk menghadapi ujuan nasional.
Mulai dari pelajaran tambahan seperti les, mulai membeli buku persiapan ujian nasional, mencari berbagai bahan di interet dan lain sebagainnya.
Menurut dari pusat
, bahwa kemungkinan besar skl ujian nasional tahun 2010/2011 tidak akan berubah. Dan juga tingkat kelulusan tidak akan berubah. Tetapi, ini cuman sekadar kemungkinan besar saja. Yang pastinnya nilai kelulusan hampir tak mungkin akan diturunkan, yang jelas mungkin sama atau meningkat. (Semua berharap sih semuanya berubah!!! Seperti Nilai kelulusan menurun, SKL dikurangi, jumlah soal dikurangi, pokoknya dikurangi deh!! hehehe... Cuman HARAPAN!!!)
Tapi, beberapa saat kemudian, SKL telah diluncurkan, yah .... ! Inilah beberapa skl traun 2010/2011
Ini adalah SKL SMP:
Fisika:
NO | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1 |
|
v
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
| * Konsept atom, ion, dan molekul *Unsur dan senyawa |
5 |
|
|
6 |
|
|
7 |
|
|
8 |
| Cara pembuatan magnet |
9 |
| keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan |
Matematika:
(-)
Biologi:
NO | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1 | · Keanekaragaman makhluk hidup · Mengklasifikasimakhluk hidup | · Mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk hidup · Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan cirinya |
2 | · Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem · Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem · Memprediksipengaruh populasi manusia terhadap lingkungan · Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan | · Interaksi makhluk hidup · Pelestarian makhluk hidup · Kepadatan populasi manusia · Pencemaran lingkungan |
3 | · Mendesrkipsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan | · Alat gerak manusia |
4 | · Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan | · Sistem pencernaan dan enzimnya |
5 | · Mendeskripsikan peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan | · Peredaran darah dan penyakitnya pada manusia |
6 | · Mengidentifikasi struktur dan fungs jaringan tumbuhan · Mendeskripsikan nutrisi dn tranformasi energi pada tumbuhan hijau · Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan | · Struktur jaringan/organ tumbuhan · Fotosintesis · Gerak tumbuhan |
7 | · Mendeskripsikan bahankimia alami dan buatan dalam kemasan yang tedapat dalam bahan makanan · Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat aditif dan psikotropika | · Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari · Zat aditif/psikotropika |
8 | · Mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan · Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan | · Sistem eksresi ginjal · Sistem saraf dan alat indera pada manusia |
9 | · Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan. · Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penarapannya · Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalaui pdouksi pangan | · Perailaku makhluk hidup · Hukum Mendel · bioteknologi |
Bahasa Inggris:
No | KOMPETENSI DASAR | MATERI |
1 | Reading (membaca) merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat | (Notice/caution/warning) makna teks |
2 | Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan gfungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berteima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar |
|
3 | Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam kontks kehidupan sehari-hari |
|
4 | Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Lancar berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount |
|
5 | Merespon makna dan langkah retorika dalam eseai pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam tks berbentuk recount dan narrative |
|
6 | Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar, dan beterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks bertentuk procedure dan report |
|
7 | Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount |
|
8 | Membaca nyaring bermakna tekws fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima |
|
9 | Merespon makna yang erdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount |
|
10 | Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancar, dan beterima untuk berinterkasi dengan lingkungan sekitar alam teks berbentuk narrative dan recount |
|
11 | Merespon makna dan lngkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima utnuk berinteraksidalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report |
|
12 | Mengungkapkan makna dan langkah tetorikak dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahas tulis secara akurat, lancar, dan berteima untuk berinterkasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report |
|
13 | Writing Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan mengguanakan ragam bahsa lisan untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk deccriptive dan procedure |
|
14 | Mengungkapkan makna dalam bentukteks tulis gingusional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa bu\\tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | Menyusun kata acak (openeing suatu surat) |
15 | Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative. | Menyusun kata acak (kalimat simple present continous tense) |
16 | Mengungkapkann makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksio dengan lingkungan sekittar dalam teks berbentuk recount dan narrative | Menyusun kalimat acak (narrative text fabel) |
17 | Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount | Menyusun kalimat acak (recount text) |
Bahasa Indonesia:
(-)
0 komentar:
Posting Komentar