I Can, You Can? | Learning Center
Advertise Here (Contact)
Welcome to Gampangkan.blogspot.com | Please enjoy our service | Do not copy!

Jadwal Ujian Nasional 2010/2011 dan SKL

Ujian Nasional tinggal beberapa bulan lagi! Tentunya para siswa-siswi yang terutama duduk dibangku kelas 3 (12) sedang sibuk menyiapkan berbagai persiapan untuk menghadapi ujuan nasional.
Mulai dari pelajaran tambahan seperti les, mulai membeli buku persiapan ujian nasional, mencari berbagai bahan di interet dan lain sebagainnya.

Menurut dari pusat
, bahwa kemungkinan besar skl ujian nasional tahun 2010/2011 tidak akan berubah. Dan juga tingkat kelulusan tidak akan berubah. Tetapi, ini cuman sekadar kemungkinan besar saja. Yang pastinnya nilai kelulusan hampir tak mungkin akan diturunkan, yang jelas mungkin sama atau meningkat. (Semua berharap sih semuanya berubah!!! Seperti Nilai kelulusan menurun, SKL dikurangi, jumlah soal dikurangi, pokoknya dikurangi deh!! hehehe... Cuman HARAPAN!!!)

Tapi, beberapa saat kemudian, SKL telah diluncurkan, yah .... ! Inilah beberapa skl traun 2010/2011


Ini adalah SKL SMP:


Fisika:


NOSTANDAR KOMPETENSIKOMPETENSI DASAR
1
  • Melakukan pengukuran dasar seecara teliti denganmenggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeskripsikan pean kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Membaca alat ukur
  • Konsep massa janis rumus   =m
v
  • Pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan shari-hari
2
  • Mengelompokkan sifat larutan asam basa dan garam melalui alat dan indikator yang tepat
  • Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campura
  • Larutan asam, basa, dan garam
  • Sifat unsur, senyawa, dan campuran
3
  • Melakukan pemisahan camuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan kimia
  • Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan
  • Sifat  fisika dan sifat kimia
  • Perubahan fisika dan kimia
4
  • Menjelaskan konsep atom, ion dan moleku.
  • Membandingkan molekul unusr dan molekul senyawa
* Konsept atom, ion, dan molekul
*Unsur dan senyawa
5
  • Mengidentifikasi jenis gerak, gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suhu benda
  • Menjelaskan bentuk energi dan perubahannya, prinsip, usaha, dan energi sertapeneapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Menentukan percobaan tentang pesawat sederhana dan  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Meneyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehdiupan sehari-hari
  • Gerak lurus
  • Perubahan energi
  • Pesawat sederhana
  • Tekanan pada suatu benda
6
  • Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
  • Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyelidiki sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
  • Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Getaran dan gelombang
  • Bunyi
  • Cahaya
  • Alat optik
7
  • mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

  • Listrik statis
  • Rangkaianlistrik
  • Energi dan daya listrik

8
  • Meneyelidiki gejala magnet dan cara memperkuat magnet
Cara pembuatan  magnet
9
  • Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruhnya
keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan










Matematika:

(-)






Biologi:


NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1
       · Keanekaragaman makhluk hidup

       · Mengklasifikasimakhluk hidup
       · Mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk hidup
       · Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan cirinya
2
       · Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
       · Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
       · Memprediksipengaruh populasi manusia terhadap lingkungan
       · Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan   kerusakan lingkungan
       · Interaksi makhluk hidup

       · Pelestarian makhluk hidup


       · Kepadatan populasi manusia

       · Pencemaran lingkungan
3
       · Mendesrkipsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
       · Alat gerak manusia
4
       · Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
       · Sistem pencernaan dan enzimnya
5
· Mendeskripsikan peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
       · Peredaran darah dan penyakitnya pada manusia
6
       · Mengidentifikasi struktur dan fungs jaringan tumbuhan
       · Mendeskripsikan nutrisi dn tranformasi energi pada       tumbuhan hijau
       · Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
       · Struktur jaringan/organ tumbuhan

       · Fotosintesis

       · Gerak tumbuhan
7
       · Mendeskripsikan bahankimia alami dan buatan dalam kemasan yang tedapat dalam bahan makanan
       · Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat aditif dan psikotropika
       · Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

       · Zat aditif/psikotropika
8
       · Mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
       · Mendeskripsikan  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
       · Sistem eksresi ginjal


       · Sistem saraf dan alat indera pada manusia
9
       · Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.
       · Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penarapannya
       · Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalaui pdouksi pangan
       · Perailaku makhluk hidup


       · Hukum Mendel

       · bioteknologi








Bahasa Inggris:


NoKOMPETENSI DASARMATERI
1Reading (membaca) merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

(Notice/caution/warning) makna teks

2Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan gfungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berteima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

  • (Greeting card) Informasi tersirat
  • Tujuan komunikatif
  • (Short Message) Informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
  • (Invitation) Informasi tersirat
  • Tujuan komunikatif
3Merespon makna yang terdapat  dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam kontks kehidupan sehari-hari
  • (Announcement) Informasi rinci tersurat
  • Makna kata/frasa
  • (Advertisement) Informasi rinci
  • Makna  kata /frasa
  • (Label) Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
  • (Personal leeter/e-mail) informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
4Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Lancar berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
  • Descriptibe tekxt (mainan kesayangan ) Informasi tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tersirat
  • Procedure text (makanan khas suatu daerah di Indonesia) informasi rinci tersurat
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tertentu
  • Recount (pengalaman yang lucu/memalukan) gambaran umum
  • Informasi rinci tersurat
  • Informasi tersirat
5Merespon makna dan langkah retorika dalam eseai pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam tks berbentuk recount dan narrative
  • Narrative text (cerita rakyat Indonesia) Informasi rinci tersurat
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Makna katafrase
  • Pesan moral

6Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar, dan beterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks bertentuk procedure dan report
  • Report text (pekerjaan tertentu) gambaran umum
  • Informasi rinci tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Tujuan komunikatif
7Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
  • Descriptive text (objekct/gedung terkenal) Informasi rinci tertentu
  • Makna kata/frasa
  • Informasi tersirat
8Membaca nyaring bermakna tekws fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
  • Procedure text (memainkan permainan tertentu) Informasi tertentu
  • Informasi rinci tesurat
  • Makna kata/frasa
9Merespon makna yang erdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
  • Narrative (fairy tale)
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Gagasan utama
  • Informasi tersirat
10Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancar, dan beterima untuk berinterkasi dengan lingkungan sekitar alam teks berbentuk narrative dan recount
  • Recount (replika berita kejadian tertentu dari koran) Gambaran umum
  • Informasi rinci tertentu
  • Makna kata frasa
11Merespon makna dan lngkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima utnuk berinteraksidalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
  • Report (tanaman)
  • Informasi tetentu
  • Pikiran utama salah satu paragraf
  • Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
12Mengungkapkan makna dan langkah tetorikak  dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahas tulis secara akurat, lancar, dan berteima untuk berinterkasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
  • Narrative (popular story)
  • Informasi tertentu
  • Gagasan utama
  • Pesan moral
13Writing
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan mengguanakan ragam bahsa lisan untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk deccriptive dan procedure
  • Kata ganti
  • Kata kerja
  • Kata benda majemuk (noun phrase)
14Mengungkapkan makna dalam bentukteks tulis gingusional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa bu\\tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarMenyusun kata acak (openeing suatu surat)
15Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative.Menyusun kata acak (kalimat simple present continous tense)
16Mengungkapkann makna dalam monolog  pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksio dengan lingkungan sekittar dalam teks berbentuk recount dan narrativeMenyusun kalimat acak (narrative text fabel)
17Merespon makna yang  terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recountMenyusun kalimat acak (recount text)






Bahasa Indonesia:

(-)



SKL SMA:


Download




Jadwal Rencana Ujian Nasional tahun 2010/2011:
SMA

Ujian Utama   4 - 9 April 2011

Ujian Ulangan 23 - 27 Mei 2011










Kisi- Kisi UN 2010 Download

0 komentar:

Posting Komentar